Cara Mencegah Lonjakan Berat Badan Usai Idul Fitri

diet lebaran

Sudah menjadi rahasia umum jika lebaran banyak dijadikan sebagai momen balas dendam menyantap makanan mengingat sudah menjalani puasa selama satu bulan penuh. Terlebih sajian yang dihidangkan saat lebaran memang menggoda sekali. Ini menjadikan Anda harus berhati-hati mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi jika tidak ingin melar setelah lebaran.

Bahkan setelah lebaran sekalipun banyak juga orang yang mengalami kenaikan kolesterol dalam jumlah yang besar. Dengan ini semua, maka penting sekali untuk mencegah diri supaya tetap kontrol setelah melakukan puasa selama satu bulan penuh.

1. Cukupi Tubuh untuk Mengkonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat membantu proses penurunan berat badan yang sedang Anda jalani. Pasalnya air putih bisa membantu tubuh untuk mengurangi jumlah kandungan lemak. 

Bayangkan saat idul fitri dimana banyak sekali makanan berlemak yang disajikan, pastikan Anda mencukupi kebutuhan air putih dengan baik. Air putih bisa membuat lemak dalam tubuh hancur sehingga ini membuat proses penurunan berat badan semakin cepat.

2. Batasi Karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jumlah karbohidrat yang banyak tentu juga tidak baik untuk tubuh. Untuk menghindarkan diri dari berat badan yang melonjak seusai lebaran, penting Anda membatasi jumlah asupan karbohidrat. 

Anda bisa mengganti asupan karbohidrat dengan memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Bukan hanya itu saja, jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan dan susu rendah lemak bisa Anda jadikan pilihan. Dengan ini maka tubuh tetap tercukupi kebutuhannya namun berat badan tetap terkondisikan dengan baik. 

3. Coba Rutin Minum Green Juice

Banyak cara untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi green juice. Jenis makanan satu ini bisa menjadi alternatif terbaik supaya tubuh tetap kenyang. Anda bisa mengkonsumsi green juice hingga empat kali supaya kebutuhan serat Anda tercukupi.

Bukan hanya itu saja, lemon yang diiris kemudian dimasukkan dalam air hangat juga menjadi menu yang baik untuk detoks tubuh. Kandungan serat pektin dalam air lemon sangat bagus untuk membuat Anda terhindar dari rasa lapar berlebih. 

4. Jadikan Buah-Buahan Sebagai Camilan Rutin

buah buahan

Kue kering menjadi salah satu camilan yang sangat menggoda ketika lebaran. Memang sangat nikmat terlebih ketika mengkonsumsi bersama dengan keluarga. Sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi camilan manis bisa menjadikan lonjakan berat badan. 

Jika tidak ingin hal tersebut terus terjadi, Anda bisa mengganti kue kering dengan buah-buahan sebagai camilan. Buah-buahan yang dikenal kaya akan serat tentu membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi secara alami.

5. Batasi Asupan Makanan Berlemak

Makanan manis dan juga makanan berlemak dikenal sebagai makanan yang menghasilkan jumlah kalori yang tinggi. Makanan ini bukan hanya menjadikan kenaikan berat badan secara drastis, lebih dari itu juga menyebabkan banyak masalah untuk kesehatan. 

Berkaitan dengan hal ini juga, supaya berat badan tetap terjaga selama lebaran, sebaiknya Anda kontrol jumlah asupan makanan berlemak. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus maupun dipepes. 

6. Ganti Kopi dengan Infused Water

Jika Anda memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi minuman manis, sebaiknya mulai alihkan dengan mengkonsumsi infused water setelah lebaran. Memang kopi dengan rasa manis memberikan rasa yang nikmat. Sayangnya mengkonsumsi minuman tersebut hanya akan membuat diet menjadi kacau.

Anda bisa mengganti konsumsi asupan manis dengan infused water. Jenis minuman satu ini dikenal sebagai minuman yang baik untuk tubuh. Terlebih jika sedang masa penurunan berat badan. Anda bisa membuat infused water dari irisan lemon yang kaya akan serat pektin. Dengan membiasakan diri untuk tidak mengkonsumsi gula akan membuat tubuh semakin sehat.

7. Aktif Olahraga

Rutin melakukan olahraga menjadikan tubuh Anda tetap langsing bahkan seusai idul fitri. Olahraga yang bisa Anda coba juga tidak mesti yang berat. Awali dengan olahraga ringan, asal rutin akan membuat proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

Saat ini sudah banyak gerakan olahraga yang bisa dilakukan dari rumah. Anda bisa melakukan yoga, aerobik dan beberapa jenis gerakan lain yang mudah dan tidak memerlukan ruangan yang luas. 

8. Perbanyak Aktivitas sehingga Mengalihkan Pikiran dari Makanan 

Langkah selanjutnya Anda bisa dengan mengalihkan pikiran ke dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Dengan banyak bergerak pikiran Anda akan teralihkan sehingga Anda tidak melulu kepikiran dengan makanan. Saat idul fitri merupakan saat yang tepat untuk Anda menyambung tali silaturahmi dengan kerabat sekitar. Selain itu aktivitas seperti membaca buku dan ngobrol dengan keluarga juga menjadi pilihan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengalihkan diri dari makanan.

Bagaimana, cukup mudah bukan mencegah lonjakan berat badan seusai lebaran? Lakukan tips di atas supaya berat badan Anda tetap terjaga dengan baik bahkan setelah lebaran.