Penjelasan Mengenai Penurunan Berat Badan Akibat Stress

turun berat akibat stress

obatdietsehat – Stres kronis dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Stres dapat mempengaruhi fungsi otak, kesehatan jantung, perilaku, organ internal, dan imunitas. Stres kronis juga dapat menyebabkan perkembangan tumor.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mendengarkan respons tubuh Anda terhadap stres kronis. Jika Anda kehilangan berat badan dan terus-menerus dalam tekanan, posting ini untuk Anda. Di sini, Anda akan belajar cara mengurangi stres dan mencegah penurunan berat badan yang tidak wajar. Terus membaca!

Bagaimana Stres Menyebabkan Penurunan Berat Badan?

Berikut adalah berbagai cara stres kronis menyebabkan penurunan berat badan:

    Menghasilkan Hormon Stres

Ketika Anda berada di bawah tekanan konstan, tubuh Anda terus-menerus dalam mode penerbangan atau pertarungan. Ini berarti Anda selalu menghasilkan hormon stres, adrenalin, dan kortisol. Hormon-hormon ini memengaruhi pencernaan, imunitas, dan pola tidur Anda.

Adrenalin bekerja dengan mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang kuat, tetapi juga mengurangi nafsu makan Anda. Kortisol bertindak dengan menekan fungsi tubuh tertentu yang tidak perlu selama situasi stres, seperti fungsi reproduksi, pencernaan, dan imunitas.

 

    Mempengaruhi Kelaparan Dan Pencernaan

Karena efek hormon ganda pada tubuh Anda, Anda mungkin tidak merasa lapar sering atau tidak sama sekali. Ini mempengaruhi saraf vagus Anda (saraf yang bertanggung jawab untuk peristaltik saluran pencernaan atau pergerakan makanan yang dicerna melalui saluran pencernaan Anda), yang juga mempengaruhi pencernaan dan penyerapan makanan. Sistem pencernaan Anda akan mengalami kegagalan fungsi, dan Anda mungkin berakhir dengan diare dan radang saluran pencernaan.

 

    Membakar Kalori

Di bawah tekanan, Anda juga dapat membakar kalori ekstra dengan menggerakkan beberapa bagian tubuh Anda dengan gugup – seperti mengetuk kaki atau mengklik jari-jari Anda. Anda mungkin merasa perlu untuk menghilangkan stres dengan berolahraga dan akhirnya terlalu banyak berolahraga. Ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

 

    Mempengaruhi Tidur

Stres juga dapat memengaruhi pola tidur Anda. Mungkin sulit untuk tertidur dan sama sulitnya untuk tetap tidur. Tidur yang terganggu dapat membuat Anda merasa lamban dan lelah sepanjang waktu. Dan itu, pada gilirannya, dapat menghasilkan lebih banyak kortisol.

Simak Juga : Diet Sehat Mudah untuk Remaja, Begini Cara Paling Efektif

Sekarang masuk akal mengapa Anda kehilangan semua berat badan itu, kan? Tetapi ada satu hal lagi yang harus Anda ketahui. Gulir ke bawah untuk mencari tahu.

    Kecemasan Menyebabkan Penurunan Berat Badan

Empat puluh juta orang dewasa Amerika dipengaruhi oleh kecemasan (3). Dan kecemasan juga bisa dipicu oleh stres kronis. Hormon stres, adrenalin dan kortisol, dipicu ketika Anda sangat cemas, sehingga membuka pintu gerbang untuk lebih banyak stres.

Jika Anda pernah berjalan mondar-mandir, merasakan nyeri tumpul di dada Anda, menggigit kuku Anda tanpa menyadarinya, atau bangun di tengah malam yang basah oleh keringat, Anda tahu apa yang saya bicarakan.

Kecemasan dan stres berjalan seiring. Selalu membantu untuk menyadari pemicu yang menyebabkan Anda menjadi cemas dan stres. Kami akan membahas apa yang harus dilakukan ketika Anda sedikit stres. Mari kita periksa beberapa gejala lagi sehingga mudah bagi Anda untuk memahami jika Anda kehilangan berat badan karena stres.

Gejala Penurunan Berat Badan Karena Stres

  •     Kelelahan
  •     Kesulitan tidur
  •     Gangguan pencernaan
  •     Sakit badan
  •     Otot-otot leher tegang
  •     Perubahan suasana hati yang sering
  •     Debaran jantung
  •     Penurunan gairah seks
  •     Melambatnya fungsi otak
  •     Kehilangan selera makan
  •     Perlu melakukan tugas secara obsesif dan berulang-ulang
  •     Menggigit kuku atau bibir
  •     Mengetuk kaki
  •     Pupil-pupil terdilatasikan

Jika Anda menampilkan lebih dari satu gejala ini, kami dapat membantu Anda. Cobalah cara-cara berikut untuk mengurangi stres dan mencegah penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.