Kenali Berbagai Manfaat Protein untuk Diet 


Manfaat protein untuk diet dirasa sudah lama dianggap bisa membantu memaksimalkan proses diet. Protein adalah salah satu nutrisi sangat penting yang memiliki banyak peran, khususnya untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh. 

Protein juga dianggap menjadi “nutrisi makro” yang berarti diperlukan dalam jumlah sangat besar guna menjaga tubuh tetap sehat. Lalu, kebutuhan protein untuk tubuh harus selalu dipenuhi setiap hari. 

Dikarenakan jumlahnya cukup bervariasi, maka protein tersebut harus tercukupi sebanyak 10-35% dari jumlah kalori harian. Protein tersebut bisa kamu temukan pada makanan dengan unsur hewani seperti ikan, sup, daging sapi, seafood maupun unsur nabati yakni tempe, tahu serta brokoli. 

Tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan menyeluruh, protein pun memiliki pengaruh besar untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Di bawah ini ada beberapa manfaat protein untuk diet. 

Manfaat Protein Dalam Proses Diet 

1. Meningkatkan pembakaran kalori 

Mengonsumsi protein dengan jumlah yang banyak sangat berpengaruh akan peningkatan metabolisme dalam tubuh. Saat asupan protein tercukupi, maka tahap metabolisme tubuh dapat bekerja maksimal untuk membakar kalori. Menurut hasil riset, asupan protein yang tinggi bisa efektif membakar kalori sebanyak 800-100 kkal setiap harinya. 

2. Menurunkan berat badan 

Dikutip dari situs Heathline, manfaat protein untuk menurunkan berat badan sangat berkaitan dengan proses diet. Protein ini bisa bekerja dari dua sisi secara bersamaan yakni meningkatkan jumlah kalori yang akan dikeluarkan dan mengurangi kalori yang masuk. 

Hasil studi menunjukkan, seseorang yang mengalami obesitas dan melakukan diet tinggi protein sampai 30% per hari, sudah terbukti berhasil untuk turunkan berat badan. 

3. Mengendalikan rasa lapar 

Manfaat protein lainnya adalah membantu meningkatkan rasa kenyang atau GLP-1, kolesistokinin dan peptide YY. Protein tersebut bisa mempengaruhi hormon ghrelin guna mengontrol perasaan kenyang dengan lebih lama, sehingga efeknya dalam penurunan berat badan bisa sangat efektif. 

Saat rasa lapar bisa dikendalikan, tubuh dan otak kamu akan otomatis kehilangan rasa lapar serta mengonsumsi kalori lebih sedikit. 

4. Menahan nafsu makan 

Mengkonsumsi minuman dan makanan tinggi protein pun sangat efektif menjadikan kamu merasa kenyang dengan lebih lama. Pakar diet menganjurkan supaya protein tersebut dikonsumsi secara bersamaan dengan serat agar memberi rasa kenyang yang cukup memuaskan. 

Tidak hanya membantu turunkan berat badan, serat dan protein bisa mengisi sel-sel tubuh dengan nutrisi yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh. 

5. Pertahankan massa otot 

Biasanya berat badan turun tidak selalu disebabkan dari berkurangnya lemak. Melainkan bisa sebab massa otot yang juga ikut menyusut. Berkurangnya massa otot adalah sebuah efek samping akibat menurunnya berat badan sehingga menghambat laju metabolisme. 

Oleh sebab itu, manfaat protein untuk menurunkan berat badan ini bisa membantu mempertahankan dan juga meningkatkan massa otot agar proses metabolisme tetap maksimal. 

Makanan Tinggi Protein untuk Diet 

Diet protein merupakan sebuah cara yang dilakukan guna menurunkan berat badan dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan hindari karbohidrat. Ketika  banyak makan protein, kamu bisa merasa kenyang lebih cepat sehingga makan mu lebih sedikit. 

Protein juga menjadi nutrisi penting untuk menjaga tubuh supaya tetap berfungsi dengan benar. Nutrisi ini merupakan bagian dari masing-masing sel dalam tubuh dan diperlukan untuk memperbaiki dan membangun otot, kuku, kulit, jaringan sampai rambut. Protein juga bisa membuat enzim dan hormon dalam tubuh menjadi lebih baik lagi.

Berikut ini ada beberapa makanan tinggi protein untuk diet yang bisa kamu coba agar diet kamu sukses.  

1. Kacang-kacangan 

Kamu bisa mengonsumsi lebih banyak biji-bijian dan kacang menjadi sumber protein yang bagus dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat menjadi asupan ketika melakukan diet protein. Kacang-kacangan cocok dikonsumsi bersamaan dengan yoghurt, sereal dan salad. 

2. Ikan 

Ikan adalah sumber protein yang bagus dan tinggi akan kandungan lemak omega-3. Seseorang yang banyak mengkonsumsi secara rutin bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Konsumsi ikan secara teratur baik guna menurunkan berat badan. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang. 

3. Daging sapi dan ayam 

Kamu juga bisa mengonsumsi berbagai jenis daging menjadi sumber protein, seperti ayam dan sapi. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu cari bagian daging yang minim atau sama sekali tanpa lemak. Di daging ayam, pastikan untuk tidak mengkonsumsi kulitnya sebab kulit menjadi sumber lemak. 

Selain itu, cara mengolahnya pun penting dan cara yang sangat aman yaitu dengan memegangnya. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan salad sayur agar lebih sehat dan mencukupi asupan vitamin dalam tubuh. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat protein untuk diet dan rekomendasi makanan diet yang kaya akan protein. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu. Selamat mencoba!