Bahan-Bahan Makanan Murah yang Pas untuk Diet

telur menu diet

Makanan untuk diet tidak selalu memakai bahan mahal atau bahan dari impor yang membuat Anda harus menguras isi kantong. Tanpa Anda sadari berbagai jenis bahan makanan diet sehat yang murah untuk bisa menjaga penampilan dan juga kesehatan ada disekeliling Anda.

Bahan makanan untuk diet sehat yang murah sebenarnya sangat sederhana, dimana semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengkonsumsinya. Bahan-bahan yang digunakan pun juga sering dikonsumsi oleh para olahragawan, seperti binaraga, pemain bola, badminton dan lain sebagainya. Berolahraga identik dengan makanan yang kaya protein dan rendah lemak, contohnya seperti berikut.

1. Telur

Jenis bahan makanan diet pertama yang sangat umum digunakan yaitu telur. Setelah melakukan sejumlah riset dengan melibatkan perempuan yang memiliki kelebihan berat tubuh, telur terbukti menjadi salah satu bahan makanan diet paling manjur. Tapi dengan catatan, apabila diiringi dengan diet kalori secara bersamaan.

Bahan dengan kandungan protein tinggi tersebut mengandung lemak sehat serta menimbulkan rasa kenyang lebih awet, dan nyata telur juga rendah kalori. Berbagai jenis olahan telur berupa tamagoyaki, poached egg, tahu telur, omelette sayuran dan masih banyak lagi.

2. Bayam

Bahan dari sayuran hijau juga bisa membantu untuk menjaga berat badan, salah satu diantaranya adalah bayam. Dari seikat bayam saja mengandung serat yang sangat tinggi dan rendah kalori, selain itu juga terdapat kandungan lain yang bisa mengikat kolesterol.

Sayur bayam juga menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung zat besi dan sangat baik bila dikonsumsi untuk anak-anak. Sayur bayam sering dimasak bening tersebut juga mampu membuat perut terasa lebih kenyang, dan sangat cocok dipilih sebagai salah satu makanan diet. Beberapa jenis masakan menggunakan sayur bayam seperti pasta isi bayam, salad bayam, sayur bening, tumis bayam dan masih banyak lagi.

3. Yogurt

Saat ini satu porsi yogurt bisa Anda dapatkan dengan harga 7 ribuan. Setelah itu Anda dapat mencampurnya dengan potongan pisang, apel, melon dan buah lainnya. Yogurt adalah sumber kalsium, protein, asam folat dan vitamin B. Pilihlah produk yogurt yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah supaya tidak mengganggu program diet Anda.

Kabar baiknya lagi, yogurt termasuk makanan diet sehat yang memiliki cita rasa yang enak dan menyegarkan. Beberapa sajian dengan yogurt seperti smoothie buah atau salad buah dengan tambahan berbagai macam buah untuk menambah nutrisi didalamnya.

4. Pisang

Buah pisang menjadi buah paling laris untuk dijadikan sebagai menu diet sehat. Alasannya karena buah pisang memiliki kandungan karbohidrat  yang bisa menimbulkan rasa kenyang. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang serta segelas air putih pada pagi hari merupakan ide yang bagus.

Selain memberikan energi baru bagi tubuh, buah pisang juga membantu membakar lemak lebih cepat. Berbagai jenis buah pisang yang ada di Indonesia, Anda semakin leluasa untuk mengolah bahan satu ini untuk dijadikan menu makanan diet sehat yang murah sebagai sumber energi. Beberapa jenis olahan pisang yang bisa Anda coba seperti pisang cavendish dicampur dengan yogurt dan madu, pisang tanduk kukus, dan pisang bakar menggunakan madu atau dimakan langsung juga sangat baik dan tidak repot.

5. Semangka

Jenis buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi ini juga menjadi salah satu makanan yang perlu disantap sebelum memulai makan besar, apalagi ketika berbuka puasa. Karena program diet sehat juga dapat didukung dengan memakan buah yang mempunyai kandungan vitamin lengkap serta lycopene yang bisa melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit seperti kanker dan jantung.

6. Pepaya

Berikutnya adalah pepaya, dimana pepaya juga termasuk bahan makanan untuk diet. Buah yang diyakini bisa memperlancar pencernaan tersebut mempunyai kandungan tinggi vitamin C,  vitamin A dan tinggi serat. Anda bisa mengkonsumsi pepaya dengan sajian seperti smoothies, salad buah, hingga membuat jus atau es buah.

7. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan dapat Anda temukan di pasar. Baik itu kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi kacang-kacangan juga menjadi salah satu bahan makanan untuk penyokong diet sehat. Karena bahan satu ini memiliki kandungan protein nabati yang baik untuk tubuh dan serat yang juga bagus bagi pencernaan.

8. Tempe dan Tahu

Orang-orang Indonesia tentu tidak asing dengan makanan satu ini karena masyarakat Indonesia bisa dikatakan hampir tidak pernah meninggalkan tahu dan tempe sebagai menu makan sehari-hari. Tempe dan tahu sejati memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan bisa mengenyangkan. Akan tetapi hindari olahan dengan cara menggoreng. Pertama kandung gizinya bisa berkurang, kedua minyak yang menempel pada gorengan akan menjadi lemak jahat yang tidak baik bagi tubuh apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat.