Apakah Air Es Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gemuk ?

air es

Berbicara tentang air minum, perlu diketahui sebelumnya bahwa tubuh manusia mengandung sekitar 70 persen cairan. Zat air merupakan bagian yang sangat penting untuk tubuh manusia serta bisa dikatakan sebagai kunci agar bisa hidup lebih lama sebab kegunaanya sangat banyak mulai dari mengatur suhu badan, menyaring racun, melancarkan pencernaan, melembabkan kulit, mendorong oksigen serta nutrisi ke organ atau sel dalam tubuh.

Nah, umumnya air es menjadi salah satu favorit banyak orang untuk di konsumsi, apalagi di tengah matahari yang sedang terik dan menghasilkan hawa panas. Air es tentu menjadi pilihan utama untuk bisa menghilangkan dahaga haus karena kepanasan dan jauh lebih efektif dibandingkan dengan meminum air hangat saat merasa kepanasan.

Akan tetapi ada isu bahwa mengkonsumsi air es bisa membuat tubuh menjadi gemuk, kamu sepertinya juga pernah mendengar hal tersebut. Apakah mengkonsumsi air dingin dapat membuat tubuh seseorang menjadi gemuk? Agar mendapatkan kebenarannya, cobalah simak fakta dan mitos dibawah ini. Berikut ulasannya.

Mitos Air Es Membuat Gemuk

es batu 

Apabila kamu sering mendengar kalimat seperti “jangan terlalu banyak minum air es, nanti kamu gemuk, lho!” apabila sering mendengar anggapan tersebut sebaik kamu tidak khawatir sebab pernyataan tersebut salah.

Mitos tersebut muncul karena umumnya orang-orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak kemudian minum air es, lalu mereka merasa tidak enak sebab lemak yang didapat dari mengkonsumsi makanan tersebut menempel di sela-sela gigi, rongga mulut, lidah yang membeku.

Kondisi inilah yang mengawali anggapan bahwa mengkonsumsi air es juga bisa membekukan semua lemak yang masuk ke dalam tubuh dan membuat kita menjadi gemuk dan tentu hal ini terdengar sangat tidak masuk akal.

Fakta penelitian justru membuktikan sebaliknya bahwasannya air dingin yang diminum dapat menaikan titik suhu pada tubuh, yang berarti kadar air es tidak akan membekukan bagian lemak yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi, air es dapat membuat kamu gemuk jika terkontaminasi oleh bahan-bahan lain seperti gula, sirup, atau minuman dan makanan yang manis lainnya.

Apabila kamu mengkonsumsi air es murni tanpa bahan apapun atau tidak ditambah bahan-bahan yang mengandung gula tentu akan tidak berpengaruh oleh kenaikan berat tubuh dan justru air es dapat membantu kamu yang mau menurunkan bobot tubuh.

Air es sendiri bukan hanya sebuah minuman yang rendah kalori, akan tetapi tubuh seseorang sebetulnya akan menghancurkan kalori dengan memanaskannya sampai mencapai suhu badan sekitar 37 derajat, walaupun kalori yang terbakar tidak terlalu besar.

Menggunakan air es bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Ketika air es masuk ke tubuh, zat seperti karbohidrat dan juga lemak akan dibakar agar menghasilkan suatu energi untuk tubuh dan setelahnya akan menghasilkan suhu panas serta menyeimbangkan suhu yang ada pada sistem inti tubuh manusia.

Tubuh manusia membutuhkan air setidaknya delapan gelas lebih setiap harinya, hal tersebut tentu juga tergantung berat tubuh, jenis kelamin, usia, dan yang paling penting adalah aktivitas seseorang. Jika orang memiliki aktivitas fisik yang sangat tinggi pastinya akan membutuhkan air lebih banyak dari orang yang tidak melakukan aktivitas fisik yang intens.

Mengkonsumsi air putih yang bisa dijadikan sebagai pengganti kebiasaan minum air manis akan sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh manusia serta bisa menjaga kondisi tubuh serta berat badan yang ideal, walaupun yang kamu konsumsi berupa air es atau air dingin. Maka dari itu, tidak usah takut mengkonsumsi air es karena fakta sudah membuktikan bawah air es tidak ada pengaruhnya dengan kenaikan berat badan.

Minum air es sebetulnya juga mampu membakar sebagian kalori yang berlebih ketika mencernanya sebab tubuh bakal bekerja jauh lebih keras agar dapat mempertahankan titik suhu inti yang ada pada tubuh alami manusia. Akan tetapi tidak mungkin bahwasannya air es sendiri merupakan zat yang sangat ampuh untuk bisa menurunkan berat tubuh manusia.

Balik lagi, nyatanya juga banyak orang yang tidak menyukai air putih tanpa campuran, apalagi bila kondisi cuaca sedang terik, sebagian orang akan memilih minum dingin yang manis. Justru hal inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan, karena dari satu kaleng sebuah kemasan minuman bersoda memiliki kandungan sekitar 150 kalori.

Jika dilihat dari satu gelas minuman jus jeruk memiliki sekitar 40 kalori. Apabila kamu mengkonsumsi kedua minuman tersebut dalam satu hari bersamaan, tentu kalori yang masuk sama dengan kamu mengkonsumsi satu piring nasi putih.

Intinya adalah, minuman dingin ataupun panas tidak akan berpengaruh oleh berat badan manusia, dan hal ini berlaku untuk siapapun, dan yang membuat berat badan seseorang naik justru karena kandungan yang dicampurkan ke dalam air hangat atau air es tersebut dan dikonsumsi secara terus menerus. Hal inilah yang menyebabkan berat badan seseorang naik.