6 Cara Mengatur Pola Makan Agar Tetap Mendapatkan Postur Ideal Selama Menyusui

mengatur pola makan selama menyusui

obatdietsehat.net – Setelah melahirkan membuat banyak yang mengeluhkan mengenai bentuk badan dan postur tubuh yang berubah seiring program ASI terus diberikan kepada si buah hati. Hal ini tentunya mempengaruhi ibu-ibu dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Karena adanya perubahan dalam bentuk badan yang melebar setiap harinya.

Melakukan diet secara penuh ketika masih menjalankan program ASI, rasanya bukan hal tepat. Karena akan mempengaruhi Anda baik dari stamina yang menurun dan kualitas ASI yang diberikan kepada si kecil. Hal ini memang membingungkan, tetapi Anda tetap mendapatkan postur ideal ketika menyusui. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan. 

Tetap Ideal Selama Menyusui 

1. Lakukan Secara Bertahap 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus memperhatikannya secara bertahap dan tidak bisa semuanya dilakukan secara terburu-buru. Karena akan berdampak buruk pada hasil dan kualitasnya nanti. Tidak hanya untuk Anda sendiri, tetapi akan berdampak buruk juga pada bayi yang sedang menjalani program ASI. 

Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan perencanaan secara bertahap dan jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal. Memang terasa menyedihkan melihat orang lain yang melahirkan tidak ada perubahan fisik yang signifikan. Tetapi Anda harus memahami, bahwa setiap orang mempunyai bentuk yang berbeda dari satu dengan lainnya. 

2. Lakukan Secara Seimbang

ASI menjadi kebutuhan penting untuk memenuhi segalanya. Sehingga dibutuhkan hal yang sehat dan penuh gizi untuk menghasilkan kualitas yang baik pada ASI yang diberikan kepada si kecil. Hal ini tentunya harus diatur dan dilakukan secara seimbang, karena jika Anda melakukan diet pada saat menyusui badan akan terasa lemas dan penyusutan badan terus menerus. 

Oleh karena itu, Anda masih tetap mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat dan penuh nutrisi supaya dapat menghasilkan ASI yang baik untuk perkembangan si kecil. Dengan begitu, agar tubuh tetap ideal, Anda harus mengatur dan melakukan semuanya secara seimbang. Antara kebutuhan dan keinginan, sehingga Anda sendiri dapat mengatur dan melakukannya. 

3. Konsumsi Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan yang baik dan sehat untuk ibu yang sedang menyusui dan banyak disarankan oleh ahli kesehatan dunia. Karena dalam ikan terkandung DHA dan EPA serta terdapat omega 3. Semuanya mempunyai peranan dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan otak dan mata pada bayi selama setahun.

mengatur pola makan selama menyusui 

DHA pun tepat dan pas untuk bayi dan Anda yang sedang menyusui, apabila Anda memiliki DHA rendah akan berdampak pada resiko depresi. Dengan begitu Anda harus rutin memakan salmon, kepiting, nila, bandeng, kerang  dan beberapa jenis ikan lainnya baik tawar atau laut. Jika menyukai memakan segala jenis ikan, suplemen omega 3 sesuai rekomendasi dari dokter. 

Baca Juga : 5 Aplikasi Pinjaman Online dan Manfaatnya

4. Pilih Makanan Menyehatkan 

Selain baik untuk bayi, tentunya akan baik untuk tubuh Anda agar tetap ideal dan tidak menyebabkan terlalu melebar. Caranya tetap dengan melakukan pola makan seimbang dan tidak berlebihan. Anda harus memperhatikan karbohidrat, lemak, dan protein secara seimbang dengan begitu membuat nutrisi dan stamina butuh dapat tersedia dan terjaga. 

Ketika memberikan ASI memakan makanan yang sehat dan penuh manfaat, karena Anda selalu memberikan dan menjamin gizi pada bayi agar tetap selalu seimbang. Anda harus memakan buah, sayur, dan beberapa olahan lainnya yang menyehatkan. Selain baik untuk bayi, sehat untuk Anda dan baik untuk postur tubuh yang ideal. 

5. Lemak Baik 

Anda harus memperhatikan lemak yang masuk pada tubuh Anda, tetapi Anda tidak boleh menghindari lemak untuk program diet. Apalagi sedang dalam tahap menyusui, Anda harus tetap selalu sehat, penuh energi, dan memberikan ASI yang penuh nutrisi. Lemak dibutuhkan oleh tubuh, Anda dapat memilih lemak polyunsaturated dan monounsaturated. 

Semuanya ini dapat Anda temukan pada ikan salmon, kacang, minyak zaitun, alpukat, dan beberapa jenis biji-bijian. Anda harus membatasi mengkonsumsi lemak jenuh dan trans, karena selain tidak sehat dan tidak cocok untuk Anda yang menjaga bentuk tubuh. Oleh karena itu pilihlah yang sehat dan tidak membuat tubuh Anda lemas dan kualitas ASI nya menurun. 

6. Banyak Minum Air Putih 

Saat Anda sedang melakukan program menyusui, maka Anda akan lebih banyak menghabiskan konsumsi air dalam jumlah yang besar. Seenggaknya Anda akan menghabiskan konsumsi air minimal 16 gelas per harinya dan tergantung dari masing-masing orang. Karena air putih memberikan banyak manfaat dan menjaga tubuh tetap sehat. 

Anda dapat memperhatikannya, jika air seni Anda kekuningan dan gelap, pertanda bahwa Anda harus memperhatikan dan banyak mengonsumsi air putih secara teratur. Karena penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda boleh menghitung kafein dan jangan terlalu berlebihan, cukup satu hari sekali untuk minum kopi dan tidak boleh lebih. 

 

Nah demikianlah pembahasan mengenai pola makan yang sehat dan tetap menjaga postur ideal untuk program ibu menyusui. Semoga beberapa informasi dan penjelasan diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk kedepannya.